Translate This Page

Senin, 28 Desember 2009

...::: Lezatnya Pecel Khas Lombok :::....

Menu makanan pecel barangkali bisa ditemukan dimana saja. Tapi, di Pulau Lombok anda juga bisa menikmati menu makanan yang satu ini. Lain daerah tampaknya lain juga cita rasanya. Karena itu, jika anda berpelesiran ke Lombok, bisa mencoba menikmati kekhasan pecelnya.
   Pecel agaknya telah menjadi makanan kesukaan sebagian banyak orang. Pecel merupakan makanan yang kaya serat dan bergizi karena bahan-bahannya yang sangat  bervariasi.
   Di Jawa ada sejumlah daerah yang cukup dikenal menu makanan pecelnya, seperti Madiun dan Blitar. Pecel dari daerah tersebut dikenal memiliki cita rasa yang khas.
  
 Namun, di Pulau Lombok anda juga bisa menikmati pecel. Di daerah ini, khususnya di Kota Mataram sebagai ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pecel yang ditawarkan ada berbagai macam, tidak hanya pecel khas Madiun atau Blitar, tapi ada pula pecel khas Lombok.
    Pecel khas Lombok berbahan baku kangkung, tauge, dan mentimun. Selain itu, dalam penyajiannya, pecel khas Lombok disirami sambal berikut lontong serta kerupuk.
    Jadi, pecel khas Lombok bercita rasa seperti layaknya gado-gado pada umumnya. Sebab, rasa sambal yang digunakan, rasa kacanglah yang sangat menonjol.  
    Perbedaan  pecel yang dikenal di Blitar atau pun di Madiun dengan pecel khas Lombok lainnya barangkali adalah tambahan kerupuknya. Penyajian menu makanan pecel dengan kerupuk, tidak lazim. Pecel dari Blitar dan Madiun biasa disajikan bersama rempeyek.

    Perbedaan lainnya, bahan baku  sebagai "penyedap rasa"  kemangi yang biasa ditaburkan pada pecel khas Blitar dan Madiun pun juga tidak akan ditemui pada pecel khas Lombok.
     Barangkali perbedaan-perbedaan itulah yang menjadikan pecel yang dijajakan di Lombok memiliki ciri tersendiri. Meski sedikit berbeda dengan  pecel pada umumnya, pecel khas Lombok juga tidak kalah lezatnya.
    Nah, rasa penasaran anda akan terjawab jika anda berkunjung ke Lombok dan berburu khasanah kulinernya yang beragam. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Asma Ul Husna- Hijjaz

Playlist