Translate This Page

Rabu, 23 Desember 2009

..::: Gurihnya Sate Tanjung :::....

     Sebagian masyarakat menyebut menu masakan sate dengan bahan baku yang dibuatnya, seperti sate kambing, sate ayam, sate ikan dan lain sebagainya. Tapi, adapula sebagian masyarakat menyebut sate dengan citarasa yang dibawa dari daerah asal, seperti Sate Madura  dan Sate Tanjung di Lombok.     
     Nah, lain daerah lain pula citarasanya.  Sate Tanjung misalnya, sate berbahan baku ikan ini juga memiliki citarasa khas, gurih dan pedas.

     Nama Tanjung yang merupakan nama salah satu daerah di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat,  itu selalu melekat dalam nama menu masakan sate ini. Sebab,  selain citarasanya yang khas, menu ini diyakini juga asli daerah     Tanjung  adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lombok Utara, sedangkan Kabupaten Lombok Utara sendiri sebelumnya merupakan wilayah Kabupaten Lombok Barat.
     Kabupaten Lombok Utara merupakan pemekaran dari Kabupaten Lombok Barat. Peresmian pemekaran itu berbarengan dengan pelantikan H Lalu Bakri sebagai Penjabat Bupati pada 30 Desember 2008.
     Di kawasan itu, selain wisata kuliner  juga banyak obyek wisata menarik seperti Pantai Sire dan Medana. Pantai berpasir putih bersih dan air laut nan biru itu selama ini juga banyak dikunjungi wisatawan asing maupun domestik.
Tidak sulit
     Untuk menikmati Sate Tanjung di daerah asalnya, anda tidak akan mengalami kesulitan. Sebab, penjual sate ikan banyak ditemukan di berbagai daerah di Kabupayen Lombok Utara, khususnya Tanjung.
     Sepanjang jalan dari perempatan Pamenang menuju pusat Kota Lombok Utara, banyak penjual sate ikan. Salah satu yang sudah lama menjanjakan menu masakan itu adalah di tepi jalan Pasar Tanjung. 
     Sate Tanjung  diantaranya berbahan  baku ikan cakalang, santan, merica, bawang putih dan rempah-rempah. Cara memasaknya pun relatif mudah. Ikan cakalang yang sudah dipotong-potong dicampur bumbu dan selanjutnya dipanggang. 

     Sate ikan cakalang khas Tanjung enak untuk dinikmati dalam keadaan panas bersama lontong atau nasi, sesuai selera. Rasa gurih dari daging dan santan serta pedas dari merica dan rempah-rempah sangat terasa.
     Karena itu, wajar jika usai menyantap sate ikan  khas Tanjung badan terasa bugar, hangat dan berkeringat.  Nah, manjakan selera makan anda dengan menikmati sate khas Lombok ini. (*)     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Asma Ul Husna- Hijjaz

Playlist